6 tips untuk memastikan keselamatan anak di sekolah

6 Tips Memastikan Keselamatan Anak di Sekolah

Anak-anak tidak akan selamanya berada dirumah bersama orang tua, ada masa di mana anak sudah cukup umur untuk pergi ke sekolah. Maka dari itu sebagai orang tua, Anda harus memperhatikan 6 tips berikut untuk membantu orang tua menjaga anak-anak tetap aman di sekolah.

Keinginan orang tua adalah memiliki anak-anak yang tumbuh dengan aman dan sehat. Namun, memastikan keselamatan di sekolah bukanlah hal yang mudah.

Meskipun sekolah sering dianggap sebagai salah satu tempat teraman untuk anak-anak, keselamatan anak di sekolah masih menjadi perhatian terbesar orang tua. Orang tua harus menyiapkan anak-anak mereka untuk beberapa barang yang diperlukan untuk mencegah keadaan darurat seperti sakit mendadak atau kecelakaan. Artikel berikut akan memberi Anda beberapa tips tentang cara mempersiapkan anak Anda sebelum sekolah untuk memastikan anak Anda aman berada di sekolah.

6 tips untuk memastikan keselamatan anak di sekolah

Berikan informasi orang tua secara lengkap pada Anak untuk memastikan keselamatan mereka di sekolah

Pastikan anak Anda tahu nama lengkap, alamat dan nomor telepon Anda. Anda harus mengingatkan anak Anda segera setelah mereka dapat memahaminya dan mengulanginya secara rutin untuk memastikan informasi ini akan digunakan dalam keadaan darurat.

Beri tahu guru di sekolah anak tentang penyakit anak (guru wali kelas, pengasuh anak)

Jika seorang anak memiliki penyakit kronis (seperti asma, diabetes, dll.) Atau alergi berat memerlukan pengobatan, orang tua harus datang dan berbicara langsung dengan guru dan pembibitan tentang kondisi anak. Jika perlu, Anda juga harus mencari bantuan dari guru atau perawat sekolah. Katakan kepada mereka kesehatan anak Anda dan bagaimana menggunakannya serta memberi mereka obat. Bekal atau obat untuk anak harus ditempatkan di dalam kotaknya, dengan instruksi dan dosis yang memadai. Saat anak Anda sedikit lebih tua, ajari dia cara menggunakan tembakau (jika dia menderita asma atau penyakit pernapasan) dan ingatkan anak Anda untuk tidak berbagi obat dengan orang lain.

Biarkan anak-anak tahu cara menjaga kebersihan diri

Mengajar anak-anak kebiasaan kebersihan dasar: kebersihan tangan yang sering adalah praktik kebersihan yang paling penting, yang dapat membantu anak-anak menjauh dari penyakit menular. Selain itu, orang tua harus mengingatkan anak-anak mereka secara teratur tentang barang-barang yang tidak boleh mereka bagikan dengan orang lain seperti sikat gigi, handuk muka, sapu tangan, dan gunting kuku, karena berbagi Barang-barang pribadi dapat menjadi sumber infeksi.

Ingat jadwal vaksinasi untuk anak Anda

Vaksinasi vaksin anak-anak pada waktu yang tepat: Mengikuti jadwal imunisasi adalah salah satu cara paling penting untuk melindungi anak Anda dari penyakit sekolah. Setiap dosis vaksin penting karena melindungi anak terhadap penyakit menular sebagai ancaman saat ini.

Siapkan perlindungan anak saat berpartisipasi dalam kegiatan olahraga

Jika seorang anak bermain olahraga di sekolah, orang tua harus memberi anak perlengkapan pelindung yang sesuai untuk subjek tersebut. Anda juga harus memperhatikan cedera setelah anak Anda bermain di sekolah.

Ajarkan anak-anak untuk mematuhi peraturan lalu lintas

Orangtua harus mengajarkan aturan keselamatan anak ketika bepergian. Jika orang tua Anda berjalan kaki atau bersepeda ke sekolah, Anda harus menunjukkan kepada mereka cara menyeberangi garis jalan yang ditentukan. Anak perlu berhenti ketika lampu sinyal kuning, merah dan jalan hanya ketika lampu berwarna hijau. Entah berjalan, anak-anak tidak bisa melintasi lampu merah. Anak-anak harus berjalan di pinggiran atau trotoar pejalan kaki. Jika anak Anda berjalan dan naik bus, ingatkan perhatian pengemudi di depan bus, selalu berjalan di depan bus dan tidak pernah berjalan di belakang bus. .

Dengan mengendarai sepeda, anak-anak harus mengendari seperda kecepatan normal, tidak mengejar motor atau mobil yang berjalan kencang. Anak Anda harus mengenakan helm bahkan saat mengendarai sepeda.