Cara membantu mengatasi masalah gangguan belajar pada anak-anak

Cara membantu mengatasi masalah gangguan belajar pada anak-anak

Anak-anak muda dengan ketidakmampuan belajar akan menghadapi beberapa kesulitan dalam proses belajar mereka alami. Anak mungkin merasa sulit untuk mengatakan, menulis, membaca, mengucapkan atau melakukan matematika seperti yang Anda lakukan.

Cara membantu mengatasi masalah gangguan belajar pada anak-anak

Anak-anak dengan ketidakmampuan belajar, jika orang tua tahu cara mendukung mereka, dapat mengatasi masalah tersebut dan berhasil di sekolah dan aspek lainnya. Jadi, mari belajar cara mendukung dan membantu mengatasi masalah ini.

Kenali cara terbaik untuk membantu proses belajar anak

Setiap orang memiliki cara belajar sendiri, bahkan untuk anak-anak dengan ketidakmampuan belajar.

Oleh karena itu, orang tua perlu mengetahui jenis pembelajaran apa yang terbaik untuk anak mereka dengan memperhatikan mereka membaca, mendengarkan, dan berlatih setiap hari. Setelah Anda menemukan cara terbaik untuk mempelajari anak Anda, maka Anda dapat menemukan cara terbaik untuk mendukung anak Anda.

Jika anak-anak memperoleh lebih banyak pengetahuan melalui membaca atau menonton, orang tua harus menggunakan buku, video, flashcards (kartu gambar dengan gambar) atau alat pembelajaran visual lainnya yang dapat membantu anak-anak dengan sangat baik. banyak. Selain itu, orang tua dapat mewarnai teks di buku, menyorot catatan dengan pena bercahaya, menggunakan bagan atau gambar dan mengilustrasikan warna untuk membantu anak-anak lebih memahami.

Jika gaya belajar anak Anda lebih banyak tentang mendengarkan, pertanda bahwa ia akan lebih baik diserap dengan mendengarkan, berdiskusi, dan biasanya mencapai hasil yang baik dalam presentasi lisan. Ia akan belajar lebih banyak dari diskusi kelas atau kelompok belajar. Oleh karena itu, kita harus mendorong anak-anak untuk belajar dalam kelompok dengan siswa lain dan belajar informasi baru dengan menggunakan buku audio atau rekaman rekaman.

Bangun kesadaran diri dan kepercayaan diri

Anak kecil yang mengalami kesulitan belajar akan merasa kurang percaya diri. Bersaing di kelas dapat membuat anak-anak merasakan tekanan dan keraguan tentang kemampuan mereka. Orang tua harus menanyakan kepada anak-anak mereka tentang kekuatan dan kelemahan mereka, kemudian diskusikan dengan mereka. Orangtua juga dapat menemukan beberapa tugas kecil yang dapat dilakukan anak-anak di sekitar rumah atau menggunakan instruksi sederhana, atau memecah tugas menjadi langkah-langkah kecil. Kemudian, puji ketika anak Anda menyelesaikan tugasnya.

Mengobrol dengan pakar

Ada banyak profesional yang terampil yang dapat membantu anak Anda. Berbicaralah kepada orang tua yang memiliki ketidakmampuan belajar untuk belajar dari mereka.

Bantu anak Anda membuat gaya hidup sehat

Kemampuan untuk belajar tergantung pada kesehatan, dari tubuh dan juga otak, gaya hidup yang sehat sangat penting bagi anak. Anda harus membimbing anak Anda untuk mengembangkan kebiasaan baik seperti makan dengan benar, cukup tidur dan berolahraga, dia dapat lebih fokus dan bekerja lebih baik.

Berbicaralah kepada keluarga dan teman-teman Anda tentang gangguan belajar anak Anda

Beberapa orangtua merasa malu dan menjaga anak itu dari gangguan belajar, yang dapat membuat orang tidak mengerti dan mengkritik anak-anak karena malas atau hiperaktif. Hanya ketika orang-orang di sekitar mereka mengerti apa yang sedang terjadi, sehingga dapat mendukung si anak.

Dalam keluarga, saudara kandung lainnya mungkin merasa cemburu atau terabaikan ketika adik laki-laki atau perempuan mereka mengembangkan gangguan orang tua dan cenderung tidak belajar. Orang tua harus menjelaskan situasi ini kepada anak-anak dan anggota keluarga lainnya tentang kebiasaan khusus anak-anak dengan ketidakmampuan belajar. Jangan lupa untuk meyakinkan Anda semua bahwa anak selalu mencintai hal yang sama.

Jaga dan dukung untuk anak-anak dengan ketidakmampuan belajar dengan benar dan aman.