Cara untuk mengontrol perkembangan anak-anak

Cara untuk mengontrol perkembangan anak-anak

Apakah Anda tahu cara mengukur perkembangan anak-anak? Artikel berikut akan memberikan tips bagi orang tua untuk mengontrol perkembangan anak  dan deteksi dini kelainan pada anak.

Cara untuk mengontrol perkembangan anak-anak

Seringkali, kita sering memikirkan tinggi dan berat anak untuk memantau proses perkembangan. Namun, ketika mereka berusia 5 tahun, mereka akan mengembangkan tonggak tertentu dalam berbagai aspek seperti bermain, belajar, berbicara, bertindak, dan berjalan.

Jika anak Anda tidak mencapai tonggak dalam bidang-bidang ini, itu mungkin tanda bahwa ia sedang mengembangkan suatu kelainan, bahkan mungkin autisme. Namun, jika Anda menemukan masalahnya lebih awal, Anda dapat membantu anak Anda menyesuaikan untuk mendapatkan kembali perkembangan normal. Jika anak Anda mengalami kondisi ini atau Anda ingin lebih banyak informasi untuk membantu merawat balita, silakan baca artikel berikut.

Jika anak Anda memiliki kelainan dalam kegiatannya sehari-hari seperti bermain, belajar, berbicara, bertindak atau berjalan, Anda harus berbagi keprihatinan ini dengan dokter anak Anda. Anda perlu mengambil tindakan spesifik segera setelah tanda-tanda ditemukan, karena mereka dapat membantu mengubah kondisi anak Anda. Untuk mengukur perkembangan anak Anda, Anda harus mengamati tanda-tanda mobilitas dan kemampuan bahasa anak Anda dalam beberapa bulan pertama setelah kelahiran. Biasanya, anak mulai berbicara pada usia satu bulan.

Pada usia tiga bulan, anak biasanya mengangkat kepalanya ketika berbaring tengkurap. Pada bulan keempat, dia sering berbicara untuk berbicara dengan Anda dan tertawa keras. Orangtua harus memperhatikan tonggak-tonggak anak ini, bersama dengan tanda-tanda awal tertentu seperti berjalan atau berbicara.

Anda harus hati-hati membandingkan situasi anak Anda dengan anak lain pada usia yang sama. Perlu diingat bahwa setiap anak berbeda, sehingga perkembangan anaknya mungkin berbeda. Namun, jika anak tidak mencapai tonggak normal yang diberikan oleh dokter, ia dapat mengembangkan keterlambatan perkembangan. Anak prematur lebih mungkin mengembangkan otot dan otot, yang dapat memperlambat pergerakan otot, tetapi biasanya masalah akan membaik seiring waktu.

Sindrom yang lebih serius adalah autisme (yang jarang terjadi), dengan seringnya gejala kesulitan komunikasi sosial. Masalah lain dapat menyebabkan penundaan seperti penyakit keturunan atau sindrom Down dan cacat lainnya seperti cerebral palsy atau perkembangan otak yang tertunda.

Berikut beberapa kiat untuk membantu Anda memperbaiki kondisi anak Anda:

  • Mobilitas: Letakkan anak Anda di perutnya ketika ia bangun untuk mengembangkan otot-otot leher dan otot punggungnya. Juga, biarkan anak-anak keluar supaya mereka bisa berlari.
  • Keahlian Kompleks: Berikan mainan yang berbeda kepada anak Anda untuk mendorong anak menggunakan tangannya dan menjelajahinya.
  • Keterampilan bahasa: Berikan musik anak Anda untuk merangsang pendengaran, berbicara dan membaca untuk anak-anak.
  • Interaksi sosial: Tersenyumlah dan tertawa bersama anak Anda, dan Anda harus membatasi menonton TV dan bermain dengan anak Anda.

Anda dapat menemukan lebih banyak informasi untuk membantu anak tumbuh dengan baik sesuai dengan usia anaknya, dan untuk mendeteksi kelainan dini dan perkembangan anak yang lebih baik.